UU ITE no 11/2008

1. UU ITE No. 11 Tahun 2008


Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik adalah ketentuan yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, baik yang berada di wilayah hukum Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum Indonesia dan merugikan kepentingan Indonesia.(wikipedia.com)




Download File :
Link 1
Link 2

2. Software Article : "NetBeans"


Apa itu NetBeans?

NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama.
Saat ini terdapat dua produk : NetBeans IDE dan NetBeans Platform.
The NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan - sebuah kakas untuk pemrogram menulis, mengompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java - namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan.
Tersedia juga NetBeans Platform; sebuah fondasi yang modular dan dapat diperluas yang dapat digunakan sebagai perangkat lunak dasar untuk membuat aplikasi desktop yang besar. Mitra ISV menyediakan plug-in bernilai tambah yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam Platform dan dapat juga digunakan untuk membuat kakas dan solusi sendiri.
Kedua produk adalah kode terbuka (open source) dan bebas (free) untuk penggunaan komersial dan non komersial. Kode sumber tersedia untuk guna ulang dengan lisensi Common Development and Distribution License (CDDL).
Fitur-fitur pada NetBeans:


·    Smart code completion : mengusulkan nama variable dari suatu tipe, melengkapi keyword, dan mengusulkan tipe parameter dari method
·    Menggunakan code generator : dengan menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method, dll.
·    Error stripe : fitur yang menandai baris yang error dengan menghiglight merah.
·    Bookmarking : fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi
·    go to commands : fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variable, source code atau file yang ada pada project yang sama.


Database yang didukung Netbeans
·         JDBC merupakan spesifikasi standar dari javasoft API yang memungkinkan program java untuk mengakses sistem database manajemen.
·         JDBC API terdiri dari satu set interface dan kelas yang ditulis dengan bahasa pemrogramman java.
·         ojdbc (oracle java database conectivity) adalah driver yang menghubungkan program        java dan oracle
·         mysql-connector-java adalah driver yang menghubungkan program java dan oracle
·         JDBC-ODBC
·         mySQL-server

Netbeans sebagai IDE ditujukan untuk memudahkan pemrograman Java. Pada bulan Februari 2006 para instruktur Java dari Sun Microsystem mengikuti training untuk beralih dari pemrograman Java manual (memakai editor teks dan command prompt) ke pemrograman GUI dengan Netbeans.

Netbeans berbasis visual dan event-driven. Sama seperti IDE lainnya, misal Borland Delphi dan Microsoft Visual Studio. Netbeans mencakup compiler, builder dan debugger internal. Hal ini memudahkan proses pasca perancangan program. Proses deployment atau tes dapat dilakukan dengan Netbeans J2SE, J2EE, J2ME di Netbeans.

Netbeans seperti juga konsep Java sangat fleksibel. Sepanjang library Java tersedia, maka kita dapat melakukan pemrograman untuk jenis aplikasi apapun. Kita dapat membuat aplikasi dekstop (J2SE). Pemrograman web dan enterprise (J2EE) dapat dilakukan secara visual :
·         Koneksi server database melalui JDBC dapat dilakukan dari Netbeans, baik pada saat perancangan maupun deployment program.
·         Pembuatan komponen beans.
·         Pembuatan Java Server Pages (JSP), web module (servicelocator dan servlet), web services dengan menggunakan wizard yang telah disediakan.

Netbeans juga menyertakan paket web-server Apache Jakarta Tomcat, Sun Java System Application Server, GlassFish dll. Server ini dapat diakses dari dalam Netbeans, baik padasaat perancangan maupun saat deployment aplikasi web. Untuk membuat aplikasi mobile (MIDP), MIDlet dapat dirancang dengan Netbeans. Pada Netbeans 5.5 kita perlu menginstal Netbeans Mobility Pack, tetapi untuk Netbeans min versi 6.0, aplikasi MIDP, sudah ada.
Netbeans 5.0 telah mendukung JDK 5.0, sedangkan Netbeans 5.5 telah mendukung JDK 6.0.Instal terlebih dulu min JDK 1.5. Jalankan file installer Netbeans 6.5 lalu ikuti langkah- langkah instalasi wizard.
·         Langkah pertama, perhatikan lisensi SPL (Sun Public License). Baca dengan teliti untuk memahami apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam pemakaian program ini.
·         Langkah kedua, tentukan direktori instalasi.
·         Langkah ketiga, wizard melakukan pencarian otomatis terhadap JDK yang sudah terinstal dalam komputer. Jika berhasil maka JDK akan ditampilkan beserta direktori, jika tidak ditemukan maka kita dapat menentukan direktori dari JDK secara manual.
·         Langkah keempat, wizard akan melakukan instalasi Netbeans di lokasi direktori yang ditentukan. Proses instalasi ini akan memerlukan beberapa menit.
·         Proses instalasi akan membuatkan icon dalam menu Start. Kita dapat menjalankan Netbeans melalui icon ini.

Sumber : 

3. Hardware Article : "Prosessor AMD A4-6300 APU"

Prosesor AMD A4-6300 APU merupakan salah satu model A4 Series yang saat ini ada di pasaran. Di keluarga AMD APU, A4 Series memegang peranan penting karena menyasar perangkat segmen entry level yang bersahabat dari segi harga namun tetap dengan performa yang lebih dari memadai.

AMD A4-6300 APU memiliki kecepatan yang cukup baik, seberapa cepatkah jika dibandingkan dengan perangkat sekelasnya? Nanti akan kita bahas lebih lanjut.
Spesifikasi AMD A4-6300 APU
Prosesor ini dasarnya berbasis Richland dual core di bagian dalam. Frekuensi operasi normalnya mencapai 3.7GHz yang dapat ditingkatkan menjadi 3.9GHz berkat dukungan Turbo Core 3.0.
L2 Cache yang disediakan berkapasitas 1MB,menggunakan teknologi 32nm dan mendukung 64-bit. Kartu grafis yang ditawarkan adalah model AMD Radeon HD 8370D dengan frekuensi 760MHz dan 128 shaders di mana terdapat kipas serta heatsink di dalamnya. Khusus bagian kipas dirancang agar lebih hemat energi yakni hanya 2,4 watt.
AMD Radeon HD 8370D mampu memproses data hingga 34.1GB per detik, makin tinggi angka ini maka performa yang dihantarkan makin baik. Makin lengkap dengan maksimum resolusi di2560×1600 piksel, di mana resolusi ini lazim digunakan di perangkat dengan kualitas display yang sangat baik.
Dilihat dari segi kelengkapan, prosesor ini boleh diadu, dan jika dilihat dari sisi rancangan awal maka prosesor ini lebih cocok untuk perangkat-perangkat perkantoran sebab komponen dan kemampuan prosesor lebih tepat untuk pekerjaan-pekerjaan kantoran misalnya aplikasi perkantoran, menjelahan Internet dan mengolah data. Tapi jangan salah,AMD A4-6300 APU juga handal kok digunakan sebagai teman kegiatan lain misalnyauntuk memainkan game, bahkan termasuk beberapa judul game terbaru,tentunya dengan pengaturan yang disesuaikan. Perangkat ini juga cocok digunakan untuk menikmati hiburan multimedia di manapun.
Kelebihan lainnya terletak pada konsumsi daya, dengan nilai TDP hanya 65watt, AMD A4-6300 APU mampu bekerja dengan performa apik namun dengan konsumsi daya yang relatif lebih rendah dibandingkan komponen sekelas. Ditambah dengan dukungan teknologi semacam DirectX 11,OpenGL 4.3, DirectCompute 11, OpenCL 1.2 dan Shader Model 5.0 membuat AMD A4-6300 APU kian komplit.
Fitur AMD A4-6300 APU
Sejumlah fitur-fitur canggih ditanamkan di AMD A4-6300 APU, misalnya teknologi AMD Quick Streamyang memungkinkan perangkat berbekal AMD A4-6300 APU untuk dapat menikmati video streaming tanpa gangguan. Tambahan fitur AMD Perfect Picture dengan Steady Videomenjadi daya tarik tersendiri karena mampu mengurangi guncangan dan gangguan di video hasil kreasi sendiri.
Fitur AMD Wireless Display juga dibawa khusus oleh model A4 Series, di mana dengan fitur ini perangkat dapat mengirimkan gambar ke monitor atau perangkat display lainnya secara nirkabel.
Pengujian Performa
Nah, untuk pembuktian termasuk performa AMD A4-6300 APU yuk kita coba lihat hasil pengujian melawan kompetitor di kelas yang sama.





Hasil pengujian menggunakan tiga tool pengujian menunjukkan hasil bahwa AMD A4-6300 APU memiliki performa yang jauh lebih baik ketimbang merk lain dengan harga yang relatif sama.
Misalnya dari pengujian menggunakan 3Dmark FireStrike, AMD A4-6300 APU mencatatkan hasil 26% lebih baikketimbang kompetitor. Kemudian di sektor komputasi dites menggunakan Adobe Photoshope CC Smart Sharpen, hasilnya APU AMD A4-6300 APU74% lebih cepat dibandingkan merek lainnya.
Terakhir diuji memainkan game DiRT3 dengan pengaturan level teratas dengan tampilan layar 1080p, hasilnya sangat mengejutkan. AMD A4-6300 APU mencatat performa dua kali lebih baikdibandingkan komponen pesaing lain.
Hasil ini jelas mempertegas dominasi AMD A4-6300 APU atas merek lain, khususnya dari segi harga. Tetapi dari segi performa, bukti sudah berbicara. Sekarang, keputusan ada di tangan Anda. Mau coba merek lain dengan harga sama atau AMD A4-6300 APU dengan harga sama tapi performa dua kali lipat lebih baik?
Catatan:
Tes AMD dilakukan pada sistem referensi AMD yang telah dioptimalkan. Produsen PC mungkin memiliki konfigurasi berbeda sehingga memiliki hasil yang juga berbeda. Sistem AMD terdiri dari APU AMD A4-6300 dengan memori 2 x 4 GB.
DDR3-1600, SSD 256 GB, Windows 8.1, Catalyst 13.30. Sistem Intel memakai Intel Celeron G1820 dengan grafis HD, memori 2 x 4 GB DDR3-1333, SSD 256 GB, Windows 8.1, Driver 3345. Tes menggunakan Adobe Photoshop CC SmartSharpen gambar Radius 64, 5616 x 3744, 60,2 MB, format .PSD. Sistem AMD menyelesaikan tugas dalam 61,5 detik. Sistem Intel menyelesaikan tugas dalam 106,8 detik. RID-49.

Review AMD A4-6300 (Game Far Cry 3):



Sumber:

4. Dampak TIK dalam kehidupan sehari-hari


Perkembangan TIK akhir-akhir ini terus mengelami perkembangan dan sepertinya tidak akan mengalami penurunan sampai kapanpun. Hal ini menyebabkan perubahan gaya hidup sehari-hari di berbagai kalangan masyarakat dan berbagai bidang pekerjaan. Sebagai contoh nyata adalah aplikasi teknologi informasi.Beberapa jenis aplikasi tersebut adalah :
1. Aplikasi di bidang sains
Contohnya adalah aplikasi astronomi (perbintangan).


2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa
Contohnya adalah pembuatan robot dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan agar robot lebih bijak.


3. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi
Contohnya adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain.


4. Aplikasi di bidang administrasi umum
Contohnya adalah aplikasi penjualan/distribusi barang, aplikasi penggajian karyawan, aplikasi akademik sekolah dan lain-lain.


5. Aplikasi di bidang perbankan
Contohnya adalah e-banking, ATM, dan m-banking.


6. Aplikasi di bidang pendidikan

Contohnya adalah e-learning (distance learning).


7. Aplikasi di bidang pemerintahan
Contohnya adalah e-government dan aplikasi inventarisasi kekayaan milik negara (IKMN).


8. Aplikasi di bidang kesehatan/kedokteran
Contohnya adalah pemeriksaane kokar diogr af i yaitu suatu pemeriksaan non invasif untuk menegakkan diagnose penyakit jantung. Dengan menggunakan alat ini aktivitas otot-otot jantung bisa dilihat langsung dilayar monitor dan lainnya.


9. Aplikasi di bidang industri/manufaktur
Contohnya adalah simulasi komputer untuk ujicoba atas rancangan sistem baru.


10. Aplikasi di bidang transportasi
Contohnya adalah aplikasi untuk mengatur jadwal penerbangan pesawat terbang.


11. Aplikasi di bidang pertahanan keamanan
Contohnya adalah aplikasi sistem keamanan data dengan enkripsi.

Selain dampak positif di berbagai bidang di atas, adapun dampak negatif pemanfaatan TIK di berbagai bidang. Beberapa akan dijelaskan dibawah ini:


Pengaruh buruk dari Games Komputer.
Salah satu contoh pengaruh buruknya adalah dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, anak ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.


Pengaruh buruk  lewat internet.
Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.
Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang. Sebuah studi yang menunjukkan bahwa satu dari 12 anak di Canada sering menerima pesan yang berisi muatan seks, tawaran seks, saat tengah berselancar di internet.


Pengaruh Buruk Terlalu Sering Bermain Komputer.
Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.
Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, menurut Rizal, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer. Misalnya, anak boleh bermain komputer sepulang sekolah setelah selesai mengerjakan PR hanya selama satu jam. Waktu yang lebih longgar dapat diberikan pada hari libur.
Pengaturan waktu ini perlu dilakukan agar anak tidak berpikir bahwa bermain komputer adalah satu-satunya kegiatan yang menarik bagi anak. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh orangtua, setidaknya sampai anak berusia 12 tahun. Pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.
* Menimbang untung ruginya mengenalkan komputer pada anak, pada akhirnya memang amat   tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain     komputer.
* Selain itu juga pihak sekolah harus ikut andil dalam memberikan pengarahan terbaik agar        siswa/siswi dapat mempergunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi ke arah yang positif.
* Pemerintah sebagai pengendali semua sistem penyedia Informasi harusnya lebih aktif dalam    mengontrol penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Generasi Anak Bangsa.

Sadar atau tidak sadar Teknologi Informasi dan Komunikasi telah membawa perubahan besar terhadap Generasi Penerus Bangsa, hanya tinggal kita yang bisa atau tidak membawa perubahan itu ke arah yang positif atau negatif.

Sumber:

http://cietrainsomnisa.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

Operasi dan Gerbang Logika (LOGIKA INFORMATIKA)

Respirometer Sederhana

Kumpulan Peribahasa & Pepatah JAWA